Hai apa kabar :) [ II ]

ini posting ke dua saya menggunakan bahasa Indonesia.

Saya sangat suka menggunakan Bahasa Indonesia, walaupun Saya belum terlau mahir berbicara secara baik dan benar (sama halnya dengan bahasa inggris :p ) tapi, saya lebih percaya diri menggunakan bahasa Indonesia (tentu saja). Di Luar rumah, saya juga lebih sering menggunakan Bahasa Indonesia ketika berbicara dengan orang asing. Tapi terkadang saya juga menggunakan bahasa jawa kepada orang-orang sering. Tapi bahasa Jawa yang saya gunakan adalah bahasa Jawa Kromo (halus). Jadi, bisa terbilang saya ini sopan bukan??

Bahasa Indonesia itu seperti Bahasa Jawa, di bahasa jawa, ada namanya Jowo Ngoko (kasar), Jowo Kromo (Halus). Begitupun Bahasa Indonesia, ada bahasa formal dan non formal. Bagi saya, penggunaan sebutan “saya”  sudah cukup formal. Tapi entah kenapa, saya lebih suka memakai kata “saya” daripada aku atau “gue” (ini bahasa Betawi mustinya). Karena mengucapkan “saya” membuat saya lebih bisa diterima🙂.  Di Indonesia, terdapat ribuan kebudayaan dan tentu saja Ribuan Bahasa. Tapi, bahasa pemersatu kami tetap Bahasa Indonesia. Mungkin karena inilah, saya merasa lebih di mengerti oleh orang-orang ketika saya memakai Bahasa Indonesia🙂 .

Namun, kecintaan saya terhadap Bahasa Indonesia, tidak membuat saya lupa dengan Bahasa saya sebagai orang Jawa, Yaitu Boso Jowo / Boso Jawi🙂 . Karena, kenyataanya, banyak sekali saya melihat anak-anak sudah tidak bisa mengucapkan bahasa Jawa. Selalu yang terucap adalah bahasa Indonesia. Katanya, Bangsa ini besar dan Indah karena Budayanya? sedangkan saya tidak melihat Hal tersebut.

Entahlah, Dunia sudah semakin maju. Cara mendidik anak-anak semakin beragam. Dan tidak ada yang bisa disalahkan atas hilangnya kepribadian bangsa ini.

Yang ingin saya sampaikan adalah, cintailah Negeri ini🙂

-Bubba-

Leave a Reply

